Senin, 25 Agustus 2014

Andromax U3 : Smartphone Berkualitas Harga Terjangkau

Senin, Agustus 25, 2014 Posted by M. Nurruzzaman No comments


Sobat smartphone, sering kita berpikir kalau ingin mendapatkan smartphone dengan performa dan desain yang bagus maka kita harus rela untuk membayar mahal. Padahal belum tentu yang mahal itu kualitasnya sesuai dengan yang kita pikirkan dan inginkan. Contohnya adalah ketika sobat diberi pilihan antara dua smartphone yang sedang ngetren saat ini, yaitu Smartfren Andromax U3 dan Samsung Galaxy Core Duos. maka dari segi harga akan lebih mahal Galaxy Core Duos, untuk sesaat kita pasti akan langsung memilih smartphone tersebut dengan anggapan bahwa pasti kualitasnya lebih baik dibanding yang lain, tetapi ingat dalam membeli smartphone jangan hanya dilihat dari segi harga tapi juga harus dilihat kualitas performa dan desainnya. Untuk itu, kali ini saya akan memaparkan beberapa fakta menarik mengenai kedua smartphone tersebut, yaitu Smatrfren Andromax U3 dan Samsung Galaxy Core Duos.
Pertama adalah mengenai persamaan dari kedua smartphone tersebut, karena tidak semua smartphone berbeda 100% dari yang lain.

Sistem operasi dari kedua smartphone adalah Android tipe 4.1 dan dapat digunakan untuk dual sim. Untuk urusan baterai, keduanya sama-sama mempunyai baterai dengan kapasitas 1800 mAH yang akan menunjang waktu hidup smartphone dalam waktu yang lama. Bagian body belakang smartphone terbuat dari plastik glossy, dan untuk touchscreen, keduanya sama-sama responsif dan lancar. Baik Andromax U3 dan Galaxy Core Duos mempunyai dua kamera, yaitu bagian depan dan belakang smartphone, dan keduanya mampu untuk merekam video. Kedua smartphone ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur standar yang ada di smartphone pada umumnya, seperti wi-fi, wi-fi hotspot, bluetooth, music player, gps. Baik Andromax U3 dan Galaxy Core Duos, sama-sama dibekali dengan prosessor Quadcore 1.2 GHz dan kartu grafis Adreno 203

Kedua adalah mengenai perbedaan dari kedua smartphone tersebut, dari sini kita akan melihat sejauh mana perbedaan yang ada dari kedua smartphone tersebut.
  • Mulai dari ketebalan dan berat smartphone, Andromax U3 memiliki ketebalan 7,22 mm, sedangkan Galaxy Core Duos dibuat dengan ketebalan 8,95 mm, sementara untuk berat, Galaxy Core Duos lebih berat dibanding Andromax U3.
  • Pada bagian layar masing-masing, Andromax U3 dibekali layar IPS LCD + OGS dengan ukuran 4,7 inch dan resolusi 540x960 px, sedangkan Galaxy Core Duos memiliki layar TFT dengan ukuran 4,3 inch dan resolusi 480x800 px.
  • Accelerometer kedua smartphone juga berbeda, pada Andromax U3, menu utama dapat dilihat dalam posisi landscape maupun portrait, sedangkan pada Galaxy Core Duos hanya berfungsi pada aplikasi tertentu saja.
  • Kamera pada kedua smartphone juga terdapat perbedaan yang menyolok, yaitu pada Andromax U3 kamera depan mempunyai resolusi 2 MP dan kamera belakang beresolusi sampai 8 MP, sedangkan pada Galaxy Core Duos, kamera depan masih VGA dan kamera belakang beresolusi 5 MP.
  • Untuk kualitas foto yang diambil di dalam ruangan, Andromax U3 tampak lebih jelas noise namun tetap baik hasilnya, sedangkan Galaxy Core Duos tampak lebih sedikit noise sehingga detil objek terlihat lebik baik.
  • Untuk kualitas foto yang diambil di luar ruangan, Andromax U3 mempunyai kontras warna yang standar sehingga detil objek bisa lebih jelas dilihat, pada Galaxy Core Duos kontras warna yang over sehingga objek terlihat terlalu putih/terang.
  • Hasil video outdoor Andromax U3 lebih bagus kualitas suaranya dibandingkan dengan Galaxy Core Duos.
  • Smartfren juga tidak menyematkan software khusus seperti touchwiz pada Samsung sehingga sisa RAM dan kapasitas penyimpanan awal lebih banyak.
  • Dan yang terakhir adalah dari segi harga, Smartfren Andromax U3 dibanderol dengan harga Rp. 2.099.000,- , sedangkan Samsung Galaxy Core Duos dilepas dengan harga Rp. 2.499.000,- .

Akhirnya, kesimpulan yang didapat dari beberapa fakta diatas adalah walaupun berharga lebih murah, tetapi Smartfren Andromax U3 lebih unggul, sehingga cocok untuk kita yang ingin memiliki smartphone murah dengan kualitas yang tidak kalah, bahkan lebih baik dari smartphone yang berharga lebih mahal.
Jadi, jika sobat ditawari kedua jenis smartphone diatas, maka Smartfren Andromax U3 adalah pilihannya.


0 komentar:

Posting Komentar